« Home | DINAS KAJIAN PERTANIAN ADAKAN DISKUSI PUBLIK » | RAPAT KERJA PENGURUS BEM FAPERTA UNAND » | UP GRADING PENGURUS BEM » | PELANTIKAN PENGURUS BEM FAPERTA 2006-2007 » | SILATURAHMI DENGAN WAKIL DEKAN III FP-UA » | Welcome to BEM Diary Online »

BEM FAKULTAS PERTANIAN ANGKATKAN PELATIHAN KARYA TULIS MAHASISWA TINGKAT UNAND



Dalam rangka hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2006 BEM Fakultas Pertanian Universitas Andalas mengangkatkan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa (PKTIM) dengan tema “Bangun Aktualisasi Diri Mahasiswa Melalui Menulis Karya Ilmiah sebagai Ajang Pengesahan Intelektual” yang dilaksanakan pada hari Sabtu 20 Mei 2006 bertempat di ruang seminar gedung E kampus Universitas Andalas Padang.
Menurut Gubernur BEM FPUA Adiyat Rusdi acara ini merupakan salah satu program kerja rutin BEM Fakultas Pertanian yang dilaksanakan oleh dinas Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM).Acara ini pada dasarnya merupakan kebutuhan mahasiswa karena mahasiswa kesulitan dalam menuangkan gagasannya dalam bentuk karya tulis ilmiah. Berbeda dengan tulisan-tulisan yang lain, karya tulis ilmiah memiliki syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk bisa dikatakan ilmiah. Ini terbukti dengan sedikitnya mahasiswa yang berpartisipasi dalam setiap kegiatan “berlabel” karya tulis ilmiah.
Untuk meningkatkan motivasi mahasiswa dalam menulis karya tulis ilmiah, menumbuhkan kreativitas, kemampuan berkomunikasi secara ilmiah, terwujudnya sikap ilmiah, propesional, dan mengembangkan sisi sensitifitas mahasiswa terhadap permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitarnya maka BEM Fakultas Pertanian mencoba memfasilitasi kebutuhan mahasiswa tersebut dalam suatu wadah palatihan karya tulis ilmiah.
Adapun dalam acara ini kegiatan yang dilakukan sesuai dengan konsep yang telah direncanakan. Kegiatan ini dirangkai dengan tiga pemateri yaitu Tim Reviewer DIKTI dengan tema pengenalan Dunia tulis ilmiah oleh Bapak Dr. Ir, Asdi Agustas MSi dilanjutkan oleh Bapak Dr. Ir. Endry Martius, MSc dengan materi motivasi dan teknik penulisan ilmiah.Kemudian pemateri terakhir diisi oleh Pembantu Dekan III fakultas Pertanian Dr. Ir. Nazres Akhir MS dalam materinya Beliau mengatakan bahwa dengan karya tulis ilmiah diharapkan dapat menampung gagasan kreatif mahasiswa dalam bentuk tulisan yang disajikan secara ilmiah, mengandung unsur penemukenalan masalah, pensolusian dan upaya transfer gagasan di masyarakat. Selain itu, terwujudnya suasana akademik

Links